PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BUNGBUNGAN KLUNGKUNG

Nandini, Putu Elin (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BUNGBUNGAN KLUNGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031316-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031316-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031316-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (517kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031316-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031316-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031316-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031316-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031316-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031316-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya variasi media pembelajaran yang dimiliki oleh guru khususnya pada mata pelajaran IPA sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan media poster yang valid digunakan pada muatan pelajaran IPA materi sumber energi, siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek yang terlibat yaitu 1 ahli isi/materi pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 orang siswa uji coba perorangan dan 9 orang siswa uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data digunakan wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah media poster berbasis problem based learning yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji validitas yang dilakukan menunjukkan hasil validitas media poster menurut subjek uji coba secara berturut-turut sebesar 98.21%, 91.62%, 90.00%, 96.29%, dan 95.05% secara keseluruhan memiliki kategori sangat baik sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan.. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media poster berbasis problem based learning valid digunakan pada materi sumber energi kelas IV SD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Poster
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Elin Nandini
Date Deposited: 19 May 2022 02:06
Last Modified: 19 May 2022 02:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10644

Actions (login required)

View Item View Item