Nandini, Putu Elin (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BUNGBUNGAN KLUNGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031316-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031316-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031316-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (517kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031316-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031316-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031316-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031316-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031316-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (481kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031316-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya variasi media pembelajaran yang dimiliki oleh guru khususnya pada mata pelajaran IPA sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan media poster yang valid digunakan pada muatan pelajaran IPA materi sumber energi, siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek yang terlibat yaitu 1 ahli isi/materi pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 orang siswa uji coba perorangan dan 9 orang siswa uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data digunakan wawancara dan kuesioner. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah media poster berbasis problem based learning yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji validitas yang dilakukan menunjukkan hasil validitas media poster menurut subjek uji coba secara berturut-turut sebesar 98.21%, 91.62%, 90.00%, 96.29%, dan 95.05% secara keseluruhan memiliki kategori sangat baik sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan.. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media poster berbasis problem based learning valid digunakan pada materi sumber energi kelas IV SD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Poster |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Elin Nandini |
Date Deposited: | 19 May 2022 02:06 |
Last Modified: | 19 May 2022 02:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10644 |
Actions (login required)
View Item |