PENGEMBANGAN TES NUMERASI GURU (TUGU) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN NUMERASI GURU SD DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN SEKOLAH

Suprawata, I Gede (2022) PENGEMBANGAN TES NUMERASI GURU (TUGU) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN NUMERASI GURU SD DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN SEKOLAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031150-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031150-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031150-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (44kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031150-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031150-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031150-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031150-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031150-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031150-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan numerasi generasi muda sangat bergantung pada kemampuan numerasi yang dimiliki oleh guru di sekolah, terutama guru SD. Oleh karena itu, kemampuan numerasi guru SD perlu diperiksa untuk memastikan kualitas pembelajaran numerasi di sekolah. Sayangnya data numerasi guru belum tersedia di sekolah, karena ketiadaan instrumen pengukuran numerasi guru. Upaya untuk menjawab permasalahan tersebut adalah melalui pengembangan instrumen Tes Numerasi Guru (TUGU). Instrumen TUGU dikembangkan dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada tahap define, dilaksanakan analisis kebutuhan dilaksanakan dengan penyebaran angket yang melibatkan 10 orang guru di SDN 3 Bedulu. Pada tahap design, dilaksanakan penyusunan kisi-kisi, butir soal, kunci jawaban, dan teknik penskoran. Pada tahap develop, dilaksanakan expert appraisal dan developmental testing. Pada tahap disseminate, dilakukan melalui artikel imliah yang diunggah pada jurnal. Data analisis kebutuhan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas isi dihitung dengan menggunakan indeks V Aiken. Hasil respon guru dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pada uji validitas butir dianalisis menggunakan korelasi produk momen, reliabilitas instrumen dianalisis dengan Alpha Croncbach, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal dianalisis dengan rumus yang sesuai. Hasil pengujian validitas isi menunjukkan indeks validitas yang tinggi, yaitu sebesar 0,89. Respon guru mendapatkan respon sangat baik, dengan rata-rata skor sebesar 4,58. Pada uji validitas empiris, instrumen TUGU memperoleh koefisien validitas tiap butir melebihi 0,227 sehingga soal dinyatakan valid. Pada uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,819 dengan kategori tinggi. Pada uji daya pembeda diperoleh nilai lebih dari 0,30 dengan kategori baik. Tingkat kesukaran yang diperoleh persentase sebesar 53% mudah, 33% sedang, dan 13% mudah. Rekomendasi disajikan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Numerasi, Instrumen, Tes, TUGU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Suprawata
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:27
Last Modified: 08 Jul 2022 03:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10663

Actions (login required)

View Item View Item