Suprawata, I Gede (2022) PENGEMBANGAN TES NUMERASI GURU (TUGU) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN NUMERASI GURU SD DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN SEKOLAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031150-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031150-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031150-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (44kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031150-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031150-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031150-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031150-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031150-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031150-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kemampuan numerasi generasi muda sangat bergantung pada kemampuan numerasi yang dimiliki oleh guru di sekolah, terutama guru SD. Oleh karena itu, kemampuan numerasi guru SD perlu diperiksa untuk memastikan kualitas pembelajaran numerasi di sekolah. Sayangnya data numerasi guru belum tersedia di sekolah, karena ketiadaan instrumen pengukuran numerasi guru. Upaya untuk menjawab permasalahan tersebut adalah melalui pengembangan instrumen Tes Numerasi Guru (TUGU). Instrumen TUGU dikembangkan dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada tahap define, dilaksanakan analisis kebutuhan dilaksanakan dengan penyebaran angket yang melibatkan 10 orang guru di SDN 3 Bedulu. Pada tahap design, dilaksanakan penyusunan kisi-kisi, butir soal, kunci jawaban, dan teknik penskoran. Pada tahap develop, dilaksanakan expert appraisal dan developmental testing. Pada tahap disseminate, dilakukan melalui artikel imliah yang diunggah pada jurnal. Data analisis kebutuhan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas isi dihitung dengan menggunakan indeks V Aiken. Hasil respon guru dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pada uji validitas butir dianalisis menggunakan korelasi produk momen, reliabilitas instrumen dianalisis dengan Alpha Croncbach, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal dianalisis dengan rumus yang sesuai. Hasil pengujian validitas isi menunjukkan indeks validitas yang tinggi, yaitu sebesar 0,89. Respon guru mendapatkan respon sangat baik, dengan rata-rata skor sebesar 4,58. Pada uji validitas empiris, instrumen TUGU memperoleh koefisien validitas tiap butir melebihi 0,227 sehingga soal dinyatakan valid. Pada uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,819 dengan kategori tinggi. Pada uji daya pembeda diperoleh nilai lebih dari 0,30 dengan kategori baik. Tingkat kesukaran yang diperoleh persentase sebesar 53% mudah, 33% sedang, dan 13% mudah. Rekomendasi disajikan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numerasi, Instrumen, Tes, TUGU |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Suprawata |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 03:27 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 03:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10663 |
Actions (login required)
View Item |