Dewi, Ni Komang Reka Nopiantari (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NO.1 BENOA BADUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031091-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031091-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (550kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031091-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031091-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031091-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada kurangnya pengetahuan siswa terhadap materi bilangan pecahan mata pelajaran matematika dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran saat proses kegiatan belajar mengajar. Sumber belajar yang digunakan oleh guru hanya berpusat pada buku siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan pada media video animasi pembelajaran berbasis Inquiry Learning pada materi bilangan pecahan mata pelajaran matematik kelas III SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Pada analisis data menggunakan teknis analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisa data pada uji ahli isi pembelajaran memperoleh presentase skor 91,66%, uji ahli desain pembelajaran memperoleh skor 90%, uji ahli media pembelajan memperoleh skor 91%, uji coba perorangan memperoleh skor 96,99% dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor 97,21%, seluruh uji coba produk mendapatkan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media video animasi pembelajaran berbasis Inquiry Learning materi bilangan pecahan mata pelajaran kelas III SD dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Inquiry Learning, Pecahan, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Reka Nopiantari Dewi |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 01:49 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 01:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10733 |
Actions (login required)
View Item |