ANALISIS PEMANFAATAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 6 PENINJOAN

Widyasari, Ni Luh Putu (2022) ANALISIS PEMANFAATAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 6 PENINJOAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031039-COVER.pdf

Download (525kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031039-ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031039-LAMPIRAN.pdf

Download (890kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang memiliki tujuan guna mengetahui pemanfaatan WhatsApp Group sebagai media dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas VI SD Negeri 6 Peninjoan. Dengan metode pengumpulan data wawancara, dokumentasi, serta observasi. Sumber data yang dipakai pada penelitian ini mencakup sumber data sekunder dan primer. Hasil penelitian membuktikan: 1) WhatsApp saat ini dinilai mampu membantu pelaksanaan pembelajaran dalam masa pandemi Covid-19. Dalam pembelajaran WhatsApp Group digunakan pada kegiatan pendahuluan, inti, serta penutup. Dalam penggunaannya, fitur yang sering dimanfaatkan seperti fitur chat, call (telepon), video call, dokumen, foto, serta video. 2) Hambatan pada pemanfaatan WhatsApp Group untuk media yakni memori HP penuh, gangguan signal, minimnya interaksi antara peserta didik dan guru, fasilitas penunjang pembelajaran daring, serta sulitnya mempelajari materi yang diberikan. 3) Solusi yang dilaksanakan guru dalam menyelesaikan hambatan pada pemanfaatan WhatsApp Group menjadi media yaitu dengan cara meminimalisir semua kendala seperti memperpanjang waktu pengiriman tugas, menyusun materi pembelajaran lebih sederhana, melaksanakan hubungan melalui video call, serta melaksanakan inovasi media lain seperti zoom meeting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: whatsApp group, media, pembelajaran tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Widyasari
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:47
Last Modified: 23 Jun 2022 04:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10761

Actions (login required)

View Item View Item