Pikapratiwi, Pande Kadek Nopa (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS TRI HITA KARANA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 1 BATUBULAN KANGIN KABUPATEN GIANYAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031265-COVER.pdf Download (985kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031265-ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031265-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031265-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031265-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031265-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031265-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031265-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031265-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam belajar sehingga diperlukan media ajar yang menarik serta memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya penggunaan LKPD. Penelitian bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun LKPD IPA berbasis Tri Hita Karana pada pembelajaran IPA dan (2) mengetahui kelayakan LKPD IPA berbasis Tri Hita Karana pada pembelajaran IPA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, metode observasi serta kuesioner. Adapun hasil pengembangan produk (1) rancang bangun pengembangan menghasilkan produk digital dengan pengembangan menggunakan beberapa perangkat lunak sehingga mengasilkan LKPD yang bisa digunakan melalui jaringan internet. (2) Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa produk layak digunakan berdasarkan hasil uji validasi produk oleh ahli materi dengan persentase skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, validasi desain pembelajaran dengan persentase skor 97% dengan kualifikasi sangat baik dan hasil validasi ahli media pembelajaran dengan persentase skor 92% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan dengan persentase skor 94% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil dengan persentase skor 88% berada pada kualifikasi baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut, maka LKPD berbasis tri hita karana pada pembelajaran IPA yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Tri Hita Karana, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Pande Kadek Nopa Pikapratiwi |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 01:10 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10774 |
Actions (login required)
View Item |