Sumantara, I Nengah (2022) PENGEMBANGAN PANDUAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN WIZER.ME TERHADAP LITERASI NUMERASI DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA MATERI BILANGAN BULAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 6 SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031133-COVER.pdf Download (371kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031133-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031133-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (135kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031133-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031133-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031133-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031133-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031133-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031133-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Studi pengembangan ini bertujuan untuk melakukan pengembangan panduan kegiatan belajar berbantuan media pembelajaran wizer.me terhadap literasi numerasi dan kemampuan metakognitif dalam materi bilangan bulat pelajaran matematika siswa kelas 6 SD. Studi ini mempergunakan pemodelan 4-D yakni pendefinisian, perancangan, pengembangan, serta penyebaran. Subjek dalam studi ini ialah aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran wizer.me terhadap literasi numerasi dan kemampuan metakognitif. Objek yang dipergunakan ialah validasi dan efektivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran wiser.me. sampel yang dipergunakan berjumlah 39 siswa yang terbagi kedalam kelas kontrol serta eksperimen. Kuesioner, tes, dan rating scale merupakan metode pengumpulan data yang dipergunakan. Rerata nilai validitas isi aktivitas belajar ialah 4,45 berpredikat sangat baik. Aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran wizer.me valid serta layak untuk dipergunakan di kelas 6 SD. Uji manova memperoleh signifikansi 0,000 artinya secara simultan dan parsial ada perbedaan secara signifikan literasi numerasi dan kemampuan metakognitif antara peserta didik yang ikut aktivitas belajar berbantuan media pembelajaran wizer.me dengan peserta didik yang ikut pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Pembelajaran, Kemampuan Metakognitif, Literasi Numerasi, Matematika, Media Pembelajaran, Wizer.me |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Nengah Sumantara |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 02:23 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 02:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10795 |
Actions (login required)
View Item |