Metayanti, Ni Komang Ayu (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN IPA MUATAN MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN VEGETATIF BAGI SISWA KELAS VI SD NO. 3 BUDUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031212-COVER.pdf Download (727kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031212-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031212-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (494kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031212-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031212-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031212-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031212-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031212-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031212-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kesulitan pada siswa untuk memahami materi pada pembelajaran dan kebutuhan pada media pembelajaran khususnya pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun pengembangan video pembelajaran interaktif berbasis pendekatan kontekstual mata pelajaran IPA muatan materi perkembangbiakan tumbuhan vegetatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian berupa lembar kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil kuesioner uji rancang bangun menyatakan bahwa rancang bangun video pembelajaran interaktif sudah sesuai dengan tahapan model pengembangan ADDIE. Adapun hasil validasi produk video oleh ahli isi pembelajaran persentase skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. Pada ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 97,72% dengan kualifikasi sangat baik. Ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 93,33% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba perorangan memperoleh persentase skor 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba kelompok kecil memperoleh persentase skor 93,74% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa produk video pembelajaran interaktif berbasis pendekatan kontekstual mata pelajaran IPA muatan materi perkembangbiakan tumbuhan vegetatif dinyatakan layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran interaktif, pendekatan kontekstual, IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Metayanti |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 01:53 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 01:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10888 |
Actions (login required)
View Item |