PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA ALFACLASS PADA MATA PELAJARAN MARKETING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Kamaludin, Desmon (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA ALFACLASS PADA MATA PELAJARAN MARKETING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021012-COVER.pdf

Download (255kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021012-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021012-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tidak tersedianya media pembelajaran untuk program vokasi Alfaclass menjadi permasalahan utama pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan validitas e-modul berbasis pendekatan saintifik bagi siswa alfaclass. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah ahli desain, ahli isi dan ahli media, 3 orang siswa alfaclass sebagai uji coba perorangan, dan 6 orang siswa alfaclass sebagai uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Diperoleh hasil uji ahli desain pembelajaran sebesar 96,66%, uji ahli isi pembelajaran sebesar 94,47%, uji ahli media pembelajaran 93,75%, uji coba perorangan sebesar 95,55%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 97,18% yang keseluruhan skor diperoleh kategori sangat baik. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan peningkatan motivasi siswa dalam belajar dan mendorong guru alfaclass untuk melaksanakan pembaharuan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, pendekatan saintifik, model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Desmon Kamaludin
Date Deposited: 11 Jul 2022 09:08
Last Modified: 11 Jul 2022 09:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10980

Actions (login required)

View Item View Item