PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA TEMATIK KELAS V

Erayani, Luh Gede Nunung (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA TEMATIK KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031118-COVER.pdf

Download (570kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031118-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031118-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031118-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031118-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031118-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031118-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031118-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031118-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media prezi terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian eksperimen only control group design. Populasi penelitian ini siswa kelas V Gugus IV Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling dengan kelas yang dirandom sebagai intact group. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk literasi sains dan tes essay untuk kemampuan metakognitif. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan media prezi terhadap keterampilan literasi sains dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05, 2) terdapat pengaruh signifikan penerapan model problem based learning berbantuan media prezi terhadap kemampuan metakognitif dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05, dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan penerapan model problem based learning berbantuan media prezi terhadap kemampuan metakognitif dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, prezi, kemampuan metakognitif, literasi sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Gede Nunung Erayani
Date Deposited: 12 Jul 2022 03:12
Last Modified: 12 Jul 2022 03:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11094

Actions (login required)

View Item View Item