PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN VOLUME BANGUN RUANG BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI GUGUS 4 KECAMATAN BEBANDEM

Mahardita, I Gusti Lanang (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN VOLUME BANGUN RUANG BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI GUGUS 4 KECAMATAN BEBANDEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031037-COVER.pdf

Download (535kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031037-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031037-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan proses produk video pembelajaran volume bangun ruang bagi siswa sekolah dasar dan untuk mengembangkan video pembelajaran volume bangun ruang bagi siswa sekolah dasar yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Namun, karena keterbatasan waktu, biaya, tenaga, dan sumber daya, pada penelitian ini tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan. Subjek penelitian ini adalah video pembelajaran volume bangun ruang, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas video pembelajaran volume bangun ruang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi. Untuk mengukur validitas video pembelajaran volume bangun ruang, digunakan instrumen rating scale berupa lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua orang dosen sebagai ahli media, dua orang dosen sebagai ahli materi, dan dua orang guru atau praktisi sebagai ahli praktisi. Data validitas media yang diperoleh selanjutnya dianalisis untuk mengetahui skor rata-rata validitas video pembelajaran volume bangun ruang. Penelitian ini menghasilkan video pembelajaran volume bangun ruang yang sudah teruji validitasnya dengan skor rata-rata validitas video pembelajaran volume bangun ruang secara keseluruhan adalah 4,85. Berdasarkan skor rata-rata keseluruhan video pembelajaran volume bangun ruang termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video pembelajaran, volume bangun ruang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Lanang Mahardita
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:00
Last Modified: 13 Jul 2022 02:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11165

Actions (login required)

View Item View Item