PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBASIS AKTIVITAS EKONOMI TERHADAP KUALITAS LITERASI FINANSIAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD

Murthi, Ni Luh Putu Sari (2022) PENGARUH PENDEKATAN STEM BERBASIS AKTIVITAS EKONOMI TERHADAP KUALITAS LITERASI FINANSIAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029042034-COVER.pdf

Download (484kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029042034-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029042034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (458kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029042034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029042034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029042034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029042034-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Murthi, Ni Luh Putu Sari (2022), Pengaruh Pendekatan STEM Berbasis Aktivitas Ekonomi terhadap Kualitas Literasi Finansial dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci: STEM, aktivitas ekonomi, kualitas literasi finansial, kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan kualitas literasi finansial dan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan STEM berbasis aktivitas ekonomi dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain single factor independent groups. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di Gugus VIII Mengwi yang terdiri dari 248 siswa. Sebanyak dua kelas yang terdiri dari 50 siswa dipilih sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Data kualitas literasi finansial dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan ANAVA satu jalan dan MANOVA satu jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan STEM berbasis aktivitas ekonomi dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan STEM berbasis aktivitas ekonomi dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) terdapat perbedaan kualitas literasi finansial dan kemampuan berpikir kritis secara simultan antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan STEM berbasis aktivitas ekonomi dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: STEM, aktivitas ekonomi, kualitas literasi finansial, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Luh Putu Sari Murthi
Date Deposited: 14 Jul 2022 01:57
Last Modified: 14 Jul 2022 01:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11261

Actions (login required)

View Item View Item