Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning Muatan IPS Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Di Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tulangampiang Denpasar

Pratama, I Putu Aris (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning Muatan IPS Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Di Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tulangampiang Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031233-COVER.pdf

Download (290kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031233-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031233-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031233-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031233-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031233-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031233-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031233-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031233-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena media yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, sehingga menjadikan siswa mudah bosan dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis project based learning muatan IPS kelas V SD, (2) mengetahui kelayakan media interaktif berbasis project based learning muatan IPS kelas V SD. penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis project based learning sesuai dengan model pengembangan ADDIE, serta hasil kelayakan produk oleh ahli isi pembelajaran mendapatkan persentase 94,44% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran mendapatkan persentase 95,83% dengan kategori sangat baik, ahli media pembelajaran mendapatkan persentase 98,43% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba perorangan mendapatkan persentase 89,16% dengan kategori baik, dan uji coba perorangan mendapatkan persentase 87,5% dengan kategori baik. Maka dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif berbasis project based learning layak untuk digunakan pada pembelajaran di kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif, keanekaragaman suku bangsa, project based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Aris Pratama
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:19
Last Modified: 14 Jul 2022 02:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item