PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BERBANTUAN MEDIA FUN THINKERS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA CUACA DI GUGUS IV KECAMATAN PUPUAN KABUPATEN TABANAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Wulandini, Ni Putu Wina (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BERBANTUAN MEDIA FUN THINKERS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA CUACA DI GUGUS IV KECAMATAN PUPUAN KABUPATEN TABANAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031145-COVER.pdf

Download (258kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031145-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031145-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031145-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031145-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031145-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031145-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031145-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031145-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif berbantuan media Fun Thinkers terhadap hasil belajar siswa kelas III tema cuaca. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment, dengan rancangan yang digunakan Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan keseluruhan siswa kelas III SD di Gugus 4 Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan Tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 6 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 90 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling yang dirandom adalah kelas sebagai intact group dengan komposisi sampel SD Negeri 2 Belimbing yang berjumlah 16 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 1 Belimbing yang berjumlah 16 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar tematik adalah metode tes dengan menggunakan tes essay/uraian yang berjumlah 15 butir soal. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung= 19,84 dan ttabel=1,69. Kriteria pengujian menunjukan thitung (19,84) > ttabel (1,69) maka H1 diterima H0 ditolak. Simpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model Pembelajaran Aktif berbantuan media Fun Thinkers terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III SD Di Gugus 4 Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran aktif, media fun thinkers, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Wina Wulandini
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:26
Last Modified: 14 Jul 2022 02:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11278

Actions (login required)

View Item View Item