PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABATKU UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Selpi Wahyuni, Luh Tu (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABATKU UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029041005-COVER.pdf

Download (416kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029041005-ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029041005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029041005-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029041005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029041005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029041005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029041005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029041005-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan E-Modul Berbasis Tri Kaya Parisudha pada pembelajaran IPA tema lingkungan sahabatku untuk siswa kelas V SD (2) mengetahui validitas E-Modul Berbasis Tri Kaya Parisudha pada pembelajaran IPA tema lingkungan sahabatku untuk siswa kelas V SD, (3) mengetahui kepraktisan E-Modul Berbasis Tri Kaya Parisudha pada pembelajaran IPA tema lingkungan sahabatku untuk siswa kelas V SD, dan (4) mengetahui efektivitas E-Modul Berbasis Tri Kaya Parisudha pada pembelajaran IPA tema lingkungan sahabatku untuk siswa kelas V SD terhadap hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah ahli media, materi, bahasa, siswa kelas V SD N 1 Cempaga 35 orang dan 1 orang guru. Metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes, instrumen penelitian berupa lembar kuisioner validitas, lembar kuisioner kepraktisan, dan tes hasil belajar IPA. Analisis data mengunakan perhitungan persentase dan uji t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) E-Modul Berbasis Tri Kaya Parisudha pada pembelajaran IPA tema lingkungan sahabatku untuk siswa kelas V SD yang berbentuk PDF Corporate dapat di akses melalui Web (2) Validitas E-Modul Berbasis Tri Kaya Parisudha pada pembelajaran IPA tema lingkungan sahabatku untuk siswa kelas V SD melalui ahli materi 98,59% sangat valid, validitas ahli media 95,63% sangat valid, skor validitas ahli bahasa 94,28% sangat valid. (3) Kepraktisan E-Modul berbasis Tri Kaya Parisudha pada pembelajaran IPA tema lingkungan sahabatku oleh guru 100% dan siswa 95,55% sangat praktis dan layak digunakan (4) E-Modul berbasis Tri Kaya Parisudha pada pembelajaran IPA tema lingkungan sahabatku efektif meningkatkan rata-rata hasil belajar IPA siswa di Sd Negeri 1 Cempaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul, tri kaya parisudha, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Luh Tu Selpi Wahyuni
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:28
Last Modified: 14 Jul 2022 08:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11315

Actions (login required)

View Item View Item