IMPLEMENTING SQ3R READING METHOD IN READING COMPREHENSION IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL

Widiada, I Komang (2022) IMPLEMENTING SQ3R READING METHOD IN READING COMPREHENSION IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021069-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021069-ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (521kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021069-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021069-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021069-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi pemahaman membaca melalui metode membaca SQ3R, dan 2) menganalisis kemampuan pemahaman membaca siswa setelah diajar melalui metode membaca SQ3R di SMP Negeri 4 Kubutambahan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP, khususnya kelas 7E. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan desain penelitian kelas dimana data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan sintaks pembelajaran dan tes pilihan ganda. Sintaks pembelajaran berbasis kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik dan tes pilihan ganda terdiri dari sepuluh soal yang memberikan empat indikator pemahaman bacaan, yaitu gagasan utama, informasi spesifik, referensi tekstual, dan makna kata. Hasil kemampuan membaca siswa menjadi fokus setelah penerapan metode membaca SQ3R. Peneliti menemukan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat karena penggunaan metode membaca SQ3R yang menunjukkan bahwa pemahaman membaca siswa mencapai 72,24.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reading Comprehension, SQ3R Reading Method
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Komang Widiada
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:09
Last Modified: 20 Jul 2022 01:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item