Febrianti, Ni Wayan (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK UNTUK MATERI SISTEM KOORDINASI BERORIENTASI BUDAYA LOKAL PADA PELAJARAN BIOLOGI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041011-COVER.pdf Download (579kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041011-ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (335kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041011-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna mengembangkan media belajar flipbook berorientasi budaya lokal materi sistem koordinasi yang valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Susut. Pengembangan menggunakan model ADDIE (Analisys, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini menampilkan komponen seperti video, penjelasan singkat, gambar, latihan soal serta quiz. Flipbook berorientasi budaya lokal berisi contoh budaya lokal pada tiap sub materi. Uji validitas dalam kajian ini dilaksanakan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Uji kepratisan dilakukan oleh 5 guru biologi dan 12 orang siswa kelas XI SMAN 1 Susut. Analisa data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif guna mencari tahu kelayakan dan kepraktisan flipbook yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran yang dikembangkan adalah flipbook untuk materi sistem koordinasi berorientasi budaya lokal pada pelajaran biologi. Produk yang diciptakan pada penelitian ini menampilkan komponen seperti video, penjelasan singkat, gambar, latihan soal serta quiz, pada flipbook terdapat contoh budaya lokal (2) Validitas flipbook berorientasi budaya lokal materi sistem koordinasi dari ahli materi mendapat nilai 1 dengan kriteria sangat valid, dari ahli media mendapat nilai 1 dengan kriteria sangat valid dan dari ahli bahasa mendapat nilai 1 dengan kriteria sangat valid, (3) kepraktisan media pembelajaran flipbook berorientasi budaya lokal materi sistem koordinasi dari guru mendapat presentase 90,88 % berkategori sangat praktis dan dari siswa mendapat presentase 96,3 % berkategori sangat praktis, sehingga rata-rata kepraktisan media pembelajaran flipbook sebesar 93,59% berkategori sangat praktis. Berlandaskan pada hasil penelitian media pembelajaran flipbook untuk materi sistem koordinasi berorientasi budaya lokal yang dilakukan pengembangan sangat valid dan sangat praktis dipergunakan sebagai bahan pembelajaran materi sistem koordinasi kelas XI di SMAN 1 Susut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipbook, media pembelajaran, sistem koordinasi, ADDIE, budaya lokal |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Febrianti |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 06:01 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 06:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11838 |
Actions (login required)
View Item |