PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK KONTRAK PRILAKU UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP

Manuaba, Ida Bagus Putu Wibawa Ganda (2022) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK KONTRAK PRILAKU UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011060-COVER.pdf

Download (536kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011060-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011060-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011060-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011060-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun atau kontruksi pengembangan buku panduan, mengetahui validitas instrument/validitas isi mengenai pengembangan buku panduan serta mengetahui keefektifan pengembangan buku panduan konseling behavioral teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini melibatkan 3 orang ahli (dosen bimbingan konseling FIP Undiksha) dan 3 orang praktisi di bidang bimbingan konseling (Guru BK SMP Negeri 1 Sukasada) yang bertugas untuk menguji kegunaan, kelayakan, dan ketepatan buku panduan. Data penelitian dikumpulkan dengan instrument validitas pakar yang dianalisis dengan formula Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Indeks (CVI), dan t-tes. Hasil analisis CVR menunjukan seluruh pernyataan item instrument diterima dan memperoleh nilai CVI sebesar 0,98 dengan katagori sangat sesuai, dengan demikian buku panduan konseling behavioral teknik kontrak perilaku telah memenuhi ketentuan untuk digunakan. Uji efektivitas buku panduan dilakukan kepada 30 siswa dengan menggunakan desain eksperimen one grup pre-test dan post-test. Sesuai hasil dari pre-test terdapat 6 siswa yang memiliki kedisiplinan belajar yang rendah sehingga peneliti memberikan layanan konseling kelompok. Hasil uji t nilai signifikansi 0,013 yang berarti pengembangan buku panduan konseling behavioral teknik kontrak perilaku ini efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMP. Kepada peneliti lain maka sebaiknya hasil penelitian pengembangan buku panduan konseling ini dapat dijadikan refrensiterkait masalah-masalah yang akan diteliti selanjutnya terutama terkait dengan kedisiplinan belajar siswa, namun tetap dengan sumber beragam sebagai pertimbangan untuk melakukan sebuah pengembangan yang sejenis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Konseling Behavioral, Teknik Kontrak Perilaku
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ida Bagus Putu Wibawa Ganda Manuaba
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:59
Last Modified: 20 Jul 2022 08:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11902

Actions (login required)

View Item View Item