Manuaba, Ida Bagus Putu Wibawa Ganda (2022) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK KONTRAK PRILAKU UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011060-COVER.pdf Download (536kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011060-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011060-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011060-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011060-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun atau kontruksi pengembangan buku panduan, mengetahui validitas instrument/validitas isi mengenai pengembangan buku panduan serta mengetahui keefektifan pengembangan buku panduan konseling behavioral teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini melibatkan 3 orang ahli (dosen bimbingan konseling FIP Undiksha) dan 3 orang praktisi di bidang bimbingan konseling (Guru BK SMP Negeri 1 Sukasada) yang bertugas untuk menguji kegunaan, kelayakan, dan ketepatan buku panduan. Data penelitian dikumpulkan dengan instrument validitas pakar yang dianalisis dengan formula Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Indeks (CVI), dan t-tes. Hasil analisis CVR menunjukan seluruh pernyataan item instrument diterima dan memperoleh nilai CVI sebesar 0,98 dengan katagori sangat sesuai, dengan demikian buku panduan konseling behavioral teknik kontrak perilaku telah memenuhi ketentuan untuk digunakan. Uji efektivitas buku panduan dilakukan kepada 30 siswa dengan menggunakan desain eksperimen one grup pre-test dan post-test. Sesuai hasil dari pre-test terdapat 6 siswa yang memiliki kedisiplinan belajar yang rendah sehingga peneliti memberikan layanan konseling kelompok. Hasil uji t nilai signifikansi 0,013 yang berarti pengembangan buku panduan konseling behavioral teknik kontrak perilaku ini efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMP. Kepada peneliti lain maka sebaiknya hasil penelitian pengembangan buku panduan konseling ini dapat dijadikan refrensiterkait masalah-masalah yang akan diteliti selanjutnya terutama terkait dengan kedisiplinan belajar siswa, namun tetap dengan sumber beragam sebagai pertimbangan untuk melakukan sebuah pengembangan yang sejenis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan Belajar, Konseling Behavioral, Teknik Kontrak Perilaku |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Ida Bagus Putu Wibawa Ganda Manuaba |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 08:59 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 08:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11902 |
Actions (login required)
View Item |