LESTARI, PUTU NINDYA SRI SATYA (2022) PENGARUH BUKU AJAR KIMIA ELEKTRONIK BERBASIS BUDAYA LOKAL BALI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923071007-COVER.pdf Download (188kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923071007-ABSTRAK.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (339kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923071007-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Hasil belajar serta literasi digital siswa masih tergolong rendah hal ini dikarenakan kurangnya memanfaatan bahan ajar yang diintergrasikan dengan kearifan lokal oleh para guru. Penerapan buku ajar elektronik berbasis budaya lokal Bali diduga mampu meningkatkan hasil belajar dan literasi digital siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsipsikan dan menjelaskan ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pretest dengan siswa yang tidak mengikuti pretest, mendeskripsipsikan dan menjelaskan ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan buku ajar kimia berbasis budaya lokal Bali dengan siswa yang belajar menggunakan buku konvensional, mendeskripsikan dan menjelaskan ada atau tidaknya perbedaan literasi digital antara siswa yang belajar buku ajar kimia berbasis budaya lokal Bali dengan siswa yang belajar menggunakan buku konvensional. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan solomon four-group design. Lokasi penelitian dilakukan di SMAN 5 Denpasar dengan sampel penelitian kelas XI MIPA. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar dan kuesioner literasi digital dengan menggunakan skala likert. Data Penelitian ini dianalisis menggunakan uji analisis varian dan uji t sampel independen. Hasil penelitian yang didapat adalah tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberikan pretest dengan siswa yang tidak diberikan pretest, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan buku ajar kimia elektronik berbasis budaya lokal Bali dengan siswa yang belajar menggunakan buku ajar konvensional, dan terdapat perbedaan literasi digital antara siswa yang belajar menggunakan buku ajar kimia elektronik berbasis budaya lokal Bali dengan siswa yang belajar menggunakan buku ajar konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku ajar kimia elektronik, budaya lokal Bali, hasil belajar, literasi digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Putu Nindya Sri Satya Lestari |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 11:01 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 11:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11926 |
Actions (login required)
View Item |