Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Self-efficacy dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri se-kecamatan Klungkung

I Kadek Agus, Wiasa (2022) Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Self-efficacy dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri se-kecamatan Klungkung. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813021005-COVER.pdf

Download (426kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813021005-ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813021005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (473kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813021005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813021005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813021005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813021005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813021005-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kecerdasan emosional dan self-efficacy siswa merupakan elemen dari faktor internal yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar. Dalam riset ini, diteliti tiga hubungan antara kecerdasan emosional dan self-efficacy dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA di SMA Negeri se-kecamatan Klungkung yakni; 1) hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA se-kecamatan Klungkung; 2) hubungan antara self-efficacy dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA se-kecamatan Klungkung; dan 3) hubungan antara kecerdasan emosional dan self-efficacy dengan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA se-kecamatan Klungkung. Riset yang dilakukan mengunakan desain penelitian korelasional yang bersifat ex-post facto. Populasi penelitian adalah 514 siswa, dan 258 di antaranya menjadi sampel penelitian yang dipilih memakai teknik (metode) proportional random sampling. Instrument yang dipakai untuk mengambil data prestasi belajar fisika yakni tes esay yang memiliki taraf koefisien reliabilitas 0,915 sedangkan pengambilan data kecerdasan emosional dan self-eficacy (efikasi diri) menggunakan angket (kuesioner) yang memiliki taraf koefisien reliabilitas tiap angket yakni 0,870 dan 0,893. Teknik pengujian data pada riset ini mencakup lima tahapan, yakni analisis statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier dengan satu prediktor, uji regresi berganda dengan dua prediktor, dan uji hipotesis. Hasil penelitian (riset) yang diperoleh menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar fisika siswa dibuktikan dengan didapatkan persamaan regresi Y ̂ = 26,351 + 0,151X1 (F= 6,588; p<0,05) dan sumbangan efektif (SE) sebanyak 1,29%, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan prestasi belajar fisika siswa dibuktikan dengan didapatkan persamaan regresi Y ̂ = 38,484 + 0,125X2 (F= 5,457; p<0,05) dan sumbangan efektif (SE) sebanyak 1,51%, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan self-efficacy dengan prestasi belajar fisika siswa dengan didapatkan rumusan persamaan regresi Y ̂ = 27,485 + 0,059X1 + 0,107X2 (F= 3,615; p<0,05) serta sumbangan efektif (SE) sebesar 2,80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, self-efficacy, prestasi belajar fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I Kadek Agus Wiasa
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:38
Last Modified: 21 Jul 2022 02:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11968

Actions (login required)

View Item View Item