PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEMA ENERGI PADA MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII

Dewi, Ni Nyoman Anik Rahayu Trisna (2022) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEMA ENERGI PADA MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813071031-COVER.pdf

Download (913kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813071031-ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813071031-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan modul IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing dengan tema energi pada makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) oleh Thiagarajan, namun penelitian ini dibatasi pelaksanaannya sampai tahap develop. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari dua orang ahli Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, lima orang guru IPA untuk uji kepraktisan, dan 15 orang siswa kelas VII untuk uji keterbacaan. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Kevalidan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori kevalidan sangat tinggi, dilihat dari skor angket penilaian oleh dua orang ahli Pendidikan IPA sebesar 0,98. Kepraktisan modul IPA Terpadu yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat praktis, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh lima orang guru IPA sebesar 4,4. Keterbacaan modul IPA Terpadu yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat terbaca, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh 15 orang siswa kelas VII sebesar 4,53. Berdasarkan data hasil penelitian, modul IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing dengan tema energi pada makhluk hidup sudah memenuhi syarat valid, praktis, dan terbaca dan dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan produk dan penyebaran produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul, Inkuiri Terbimbing, IPA Terpadu, Energi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Anik Rahayu Trisna Dewi
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:42
Last Modified: 21 Jul 2022 02:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12121

Actions (login required)

View Item View Item