Dewi, Ni Nyoman Anik Rahayu Trisna (2022) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEMA ENERGI PADA MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813071031-COVER.pdf Download (913kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813071031-ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813071031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813071031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813071031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813071031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813071031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813071031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (54kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813071031-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan modul IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing dengan tema energi pada makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) oleh Thiagarajan, namun penelitian ini dibatasi pelaksanaannya sampai tahap develop. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari dua orang ahli Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, lima orang guru IPA untuk uji kepraktisan, dan 15 orang siswa kelas VII untuk uji keterbacaan. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Kevalidan modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori kevalidan sangat tinggi, dilihat dari skor angket penilaian oleh dua orang ahli Pendidikan IPA sebesar 0,98. Kepraktisan modul IPA Terpadu yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat praktis, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh lima orang guru IPA sebesar 4,4. Keterbacaan modul IPA Terpadu yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat terbaca, dilihat dari skor rata-rata angket penilaian oleh 15 orang siswa kelas VII sebesar 4,53. Berdasarkan data hasil penelitian, modul IPA Terpadu berbasis inkuiri terbimbing dengan tema energi pada makhluk hidup sudah memenuhi syarat valid, praktis, dan terbaca dan dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan produk dan penyebaran produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Inkuiri Terbimbing, IPA Terpadu, Energi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Anik Rahayu Trisna Dewi |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:42 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12121 |
Actions (login required)
View Item |