Kartika, Yuli (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI, MANAJEMEN DIRI, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 BUSUNGBIU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011006-COVER.pdf Download (506kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011006-ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (323kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011006-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan kognitif yang kompleks yang dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh efikasi diri, manajemen diri, dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis pengkajian ini ialah ex-post facto dengan rancangan analisis jalur. Populasi penelitian yaitu 573 siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Busungbiu tahun ajaran 2021/2022. Berpedoman pada formula Isaac-Michael diperoleh sampel sebesar 186 siswa dan dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Data efikasi diri, manajemen diri, dan kemandirian belajar diperoleh dengan angket, sementara data kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh dengan tes uraian. Variabel pada riset ini yakni variabel eksogenus (efikasi diri dan manajemen diri), variabel intervening (kemandirian belajar), dan endogenus (kemampuan pemecahan masalah Matematika). Analisis data dilaksanakan mempergunakan analisis jalur bertujuan guna mencari pengaruh secara langsung serta tidak langsung dari variabel eksogenus terhadap variabel endogenus. Temuan riset menjelaskan bahwasanya efikasi diri tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, tetapi memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan melalui kemandirian belajar sebesar 6,2%. Manajemen diri tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, tetapi memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan melalui kemandirian belajar sebesar 18,9%. Kemandirian belajar memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 31%. Bisa ditarik simpulan bahwasanya ada pengaruh efikasi diri, manajemen diri, dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efikasi diri, manajemen diri, kemandirian belajar, kemampuan pemecahan masalah Matematika, analisis jalur. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Yuli Kartika |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:49 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12149 |
Actions (login required)
View Item |