Adiwibawa, Marcel (2020) Pemberian Aromaterapi Lavender Berpengaruh terhadap Tingkat Stres dan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041057-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041057-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (77kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1613041057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041057-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian aromaterapi lavender dapat menurunkan tingkat stres belajar dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik dibandingkan dengan yang tidak diberikan aromaterapi lavender. Penelitian eksperimental semu ini menggunakan rancangan nonequivalent randomized pre and post test control group design. Populasi target adalah seluruh peserta didik di SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2019/2020 dan populasi terjangkau adalah peserta didik kelas XI. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 (kelas kontrol) dan XI MIPA 3 (kelas eksperimen), dengan jumlah sampel 60 orang. Variabel terikat adalah tingkat stres belajar yang didata dengan kuesioner stres belajar dan tingkat motivasi belajar yang didata dengan kuesioner motivasi belajar. Pendataan dilakukan sebelum dan sudah perlakuan selama 3 (tiga) kali pengulangan pada kelas kontrol dan eksperimen. Data yang diperoleh di analisis dengan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan yang signifikan pada tingkat stres belajar sebesar 18,54% dan peningkatan motivasi belajar sebesar 6,73% (p < 0,05). Disimpulkan bahwa pemberian aromaterapi lavender dapat menurunkan stres belajar dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Singaraja dibandingkan dengan yang tidak diberikan aromaterapi lavender.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aromaterapi Lavender, Stres Belajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QM Human anatomy Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Marcel Adiwibawa |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 07:35 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 07:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1222 |
Actions (login required)
View Item |