Pemberian Aromaterapi Lavender Berpengaruh terhadap Tingkat Stres dan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 4 Singaraja

Adiwibawa, Marcel (2020) Pemberian Aromaterapi Lavender Berpengaruh terhadap Tingkat Stres dan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041057-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041057-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1613041057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041057-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041057-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041057-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian aromaterapi lavender dapat menurunkan tingkat stres belajar dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik dibandingkan dengan yang tidak diberikan aromaterapi lavender. Penelitian eksperimental semu ini menggunakan rancangan nonequivalent randomized pre and post test control group design. Populasi target adalah seluruh peserta didik di SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2019/2020 dan populasi terjangkau adalah peserta didik kelas XI. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 (kelas kontrol) dan XI MIPA 3 (kelas eksperimen), dengan jumlah sampel 60 orang. Variabel terikat adalah tingkat stres belajar yang didata dengan kuesioner stres belajar dan tingkat motivasi belajar yang didata dengan kuesioner motivasi belajar. Pendataan dilakukan sebelum dan sudah perlakuan selama 3 (tiga) kali pengulangan pada kelas kontrol dan eksperimen. Data yang diperoleh di analisis dengan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan yang signifikan pada tingkat stres belajar sebesar 18,54% dan peningkatan motivasi belajar sebesar 6,73% (p < 0,05). Disimpulkan bahwa pemberian aromaterapi lavender dapat menurunkan stres belajar dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Singaraja dibandingkan dengan yang tidak diberikan aromaterapi lavender.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aromaterapi Lavender, Stres Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Marcel Adiwibawa
Date Deposited: 24 Feb 2020 07:35
Last Modified: 24 Feb 2020 07:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1222

Actions (login required)

View Item View Item