Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019

Santoso, Andika Yudha Putra (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1416011008-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1416011008-ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1416011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1416011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1416011008-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1416011008-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1416011008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
1416011008-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1416011008-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan menggunakan desain penelitian the randomized pretest-posttest control group the same subject design. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI-MIPA 2 sebagai kelompok control dan XI-MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data hasil belajar diperoleh melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Analisis data menunjukkan bahwa dari hasil rata-rata gain score pada kelas kelompok eksperimen adalah 6,8824, lebih tinggi dari kelas kelompok control yaitu 4,2941. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig pada kolom sig (2-tailed) dan baris equal variances assumed sebesar 0.000. Nilai sig ini lebih kecil dari pada 0,05 sehingga sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatiftipe NHT berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar chest pass bola basket. Disarankan kepada guru PJOK agar menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran materi chest pass bola basket karena terbukti berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: NHT, hasil belajar, bola basket.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: NHT, hasil belajar, bola basket
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Andika Yudha Putra Santoso
Date Deposited: 02 Mar 2020 03:51
Last Modified: 02 Mar 2020 03:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1235

Actions (login required)

View Item View Item