Surya Hantari, Ida Ayu Putu (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) OLEH GURU-GURU IPA DI SMP NEGERI 1 TABANANPADA MASAPANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923071033 - COVER (1).pdf Download (791kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923071033 - ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071033 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (83kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071033 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1923071033 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071033 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071033 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071033 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923071033 - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada kondisi pandemi Covid-19 semua guru di SMP Negeri 1 Tabanan diharuskan untuk merubah sistem pembelajaran menggunakan E-learning atau Pembelajaran Daring. Pembelajaran daring membawa perubahan dalam sistem pendidikan. Pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Tabanan belum maksimal dalam penggunaan platfom pembelajaran daring, persiapan pembelajaran daring dalam materi yang akan diajarkan, pelaksanaan pembelajaran daring serta evaluasi yang dilakukan guru pada pembelajaran daring terhadap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran daring oleh guru IPA di SMP Negeri 1 Tabanan pada masa pandemi Covid-19.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif berdasarkan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini mengambil 8 responden yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru-Guru IPA, serta guru mata pelajaran matematika dan IPS. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkanbahwa kepala sekolah, guru IPA dan Guru lainnya mengapresiasi kebijakan pemerintah dalam penerapan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Tabanan, platform yang banyak digunakan dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Tabanan adalah Google Classroom yang dimana persiapan yang dilakukan semua guru dibuat lebih menarik agar siswa tidak jenuh saat pembelajaran daring berlangsung. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Tabanan belum maksimal karena kurangnya penguasaan teknologi oleh guru-guru yang mengajar serta berpengaruh terhadap evaluasi yang dilakukan oleh guru-guru terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : AnalisisPembelajaran daring,Pembelajaran daring masa pandemi, Pembelajaran daring Guru IPA |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ida Ayu Putu Surya Hotori |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 04:48 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 04:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12425 |
Actions (login required)
View Item |