PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MUATAN IPS TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SISWA KELAS 4 SD

Ningsih, Ni Putu Ayu (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MUATAN IPS TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SISWA KELAS 4 SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031058-COVER.pdf

Download (422kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031058-ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031058-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031058-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031058-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Kajian ini ialah jenis pengembangan yang dirancang untuk (1) Mendeskripsikan rancang bagun video animasi berpendekatan kontekstual pada muatan IPS tema 7 Indahnya Keragaman di negeriku siswa kelas 4 SD, (2) Mengetahui validitas video animasi berpendekatan kontekstual pada muatan IPS tema 7 Indahnya keragaman di Negeriku siswa kelas 4 SD, (3) Mengetahui respon guru terhadap videoa animasi berpendekatan kontekstual pada muatan IPS tema 7 indahnya keragaman di negeriku siswa kelas 4 SD, (4) Mengetahui respon siswa terhadap video animasi berpendekatan kontekstual pada muatan IPS tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku siswa kelas 4 SD. Penelitian ini mempergunakan pemodelan ADDIE. Dalam kajian ini dilakukan pada tiga tahapan yakni analisis, desain dan pengembangan karena menyesuaikan dengan kondisi di lapangan, sehingga kajian ini hingga pada tahapan pengembangan. Pengumpulan data mempergunakan metode observasi, wawancara dan penyebaran angket. Data yang didapatkan dianalisa kuantitatif dan analisis kualitatif. Subjek kajian ini review para ahli materi, ahli media pembelajaran praktisi dan respon siswa. Objek riset ini yaitu media video animasi berpendekatan kontekstual pada muatan IPS Tema 7 Topik Indahnya Keragaman di Negeriku. Validitas data dianalisis mempergunakan formula mean untuk mendapatkan rerata skor validitas media dan uji isi instrument menggunakan CVR. Analisis yang dilakukan memperoleh hasil dengan kualifikasi sangat baik pada rentang skor 4,00 < X ≤ 5,00 yaitu hasil uji validitas ahli materi dengan rerata skor 4,83, hasil uji validitas ahli media pembelajaran rerata skor 4,71, hasil uji validitas respon praktisi dengan rerata skor 4,79 dan hasil validitas respon siswa dengan rerata 4,38. Berlandaskan pada temuan tersebut bisa ditarik simpulan bahwasanya media video animasi berpendekatan kontekstual pada muatan IPS topik indahnya keragaman di negeriku siswa kelas 4 SD di nyatakan valid dan layak dipergunakan pada aktivitas belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video animasi, Pendekatan kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Ayu Ningsih
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:15
Last Modified: 22 Jul 2022 01:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12465

Actions (login required)

View Item View Item