PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Holifah, Nur (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513021031-COVER.pdf

Download (796kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513021031-ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (388kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513021031-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar fisika, dan (2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa (34 orang) kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja. Instrumen penelitian ini adalah (1) tes hasil belajar, dan (2) angket tanggapan siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai 74,41 dengan SD = 6,83 (ketuntasan klasikal 76,47%) pada siklus I menjadi 81,03 dengan SD = 5,74 (ketuntasan klasikal 97,06%) pada siklus II, (2) tanggapan siswa terhadap penerapan model PBL dalam pembelajaran fisika memiliki rata-rata skor 83,03 dengan SD = 3,06 dalam kategori sangat positif. Simpulan dari penelitian ini adalah model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Nur Holifah
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:24
Last Modified: 22 Jul 2022 02:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12490

Actions (login required)

View Item View Item