Pratama, I Putu Arya (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMAPOIN (ANIMASI POWERPOINT) BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031309-COVER.pdf Download (842kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031309-ABSTRAK.pdf Download (548kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031309-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (640kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031309-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031309-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031309-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031309-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031309-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (528kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031309-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Studi ini dilakukan untuk mengidentifikasi tentang ketidakfokusan siswa pada saat guru memberikan materi pembelajaran, dan kurangnya interaksi siswa pada guru, yang menyebabkan tidak terjadinya timbal balik dari siswa terhadap guru, sehingga mempengaruhi penyerapan materi ajar oleh siswa. Itu terjadi karena tidak ada media yang mampu mendukung proses belajar dan mengajar, seperti media video pembelajaran yang menarik. Melihat permasalah tersebut peneliti membuat penelitian dengan judul “Pengembangan Media Video Animapoin (Animasi Powerpoint) Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022”. Penelitian menunjukan: (1) rancang bangun pengembangan media video animapoin (animasi PowerPoint) dengan tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. (2) Media video pembelajaran berbasis masalah ini dinyatakan layak berdasarkan hasil uji isi pembelajaran sebesar 91%, uji ahli media sebesar 94%, uji ahli desain sebesar 86%, uji coba perorangan oleh siswa sebesar, 90%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 89%, dengan kriteria keseluruhan sangat layak. (3) Berdasarkan hasil uji-T Tes berkorelasi didapatkan hasil bahwa besar signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan besar signifikansi lebih kecil dari 0,005 (p<0,005). Maka dapat disimpulkan bahwa media video animapoin (animasi PowerPoint) berbasis masalah pada mata pelajaran IPA efektif diterapkan pada siswa kelas IV sekolah dasar tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video pembelajaran, Berbasis masalah, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Arya Pratama |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 06:44 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 06:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12597 |
Actions (login required)
View Item |