HUBUNGAN RASA INGIN TAHU, PERCAYA DIRI, DAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DENGAN MINAT BELAJAR IPA DI KELAS IV SD GUGUS BUDI UTOMO DENPASAR TIMUR TAHUN 2021/2022

Gitatenia, I Dewa Ayu Indah (2022) HUBUNGAN RASA INGIN TAHU, PERCAYA DIRI, DAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DENGAN MINAT BELAJAR IPA DI KELAS IV SD GUGUS BUDI UTOMO DENPASAR TIMUR TAHUN 2021/2022. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2029042029-COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029042029-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
2029042029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
2029042029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2029042029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
2029042029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029042029-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Gitatenia, I Dewa Ayu Indah (2022), HUBUNGAN RASA INGIN TAHU, PERCAYA DIRI, DAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DENGAN MINAT BELAJAR IPA DI KELAS IV SD GUGUS BUDI UTOMO DENPASAR TIMUR TAHUN 2021/2022. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana , Universitas Pendidikan Ganesha Tesis ini telah disetujui oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd. dan Pembimbing II : Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. Kata Kunci : Minat belajar IPA, rasa ingin tahu, percaya diri, dan gaya belajar kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan positif yang signifikan antara Rasa Ingin Tahu dengan Minat Belajar IPA (2) mengetahui hubungan positif yang signifikan Percaya Diri dengan Minat Belajar IPA (3) mengetahui hubungan positif yang signifikan Gaya Belajar Kinestetik dengan Minat Belajar IPA (4) mengetahui hubungan positif yang signifikan Rasa Ingin Tahu, Percaya Diri, dan Gaya Belajar Kinestetik Dengan Minat Belajar IPA. Jenis penelitian ini yaitu ex-post facto dengan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Kelas IV di SD Gugus Budi utomo menjadi sasaran dengan banyak populasi 326 orang. Penentuan sampel menerapkan teknik proporsional random sampling dan didapatkan sampel sejumlah 167 siswa. Pengumpulan datanya menggunakan metode kuesioner untuk mengukur rasa ingin tahu, percaya diri dan gaya belajar kinestetik serta minat belajar IPA. Sebelum dilakukan uji hipotesis, diawali uji asumsi yang terdiri atas uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Setelah seluruh uji asumsi terpenuhi, maka dilanjutkan dengan uji hipotesis yang menerapkan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Rasa ingin tahu berhubungan positif secara signifikan dengan minat belajar IPA yakni nilai uji t hitung 5,02 lebih dari 1,65. (2) Percaya diri berhubungan positif signifikan dengan minat belajar IPA yakni nilai uji t hitung 2,70 lebih dari 1,65. (3) Gaya belajar kinestetik berhubungan positif secara signifikan dengan minat belajar IPA yakni nilai uji t hitung 2,47 lebih dari 1,65. (4) Rasa ingin tahu, percaya diri, dan gaya belajar kinestetik bersama-sama berhubungan positif secara signifikan dengan minat belajar IPA yakni nilai uji F hitung 11,86 lebih dari 2,66 .

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar IPA, rasa ingin tahu, percaya diri, dan gaya belajar kinestetik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Dewa Ayu Indah Gitatenia
Date Deposited: 22 Jul 2022 09:07
Last Modified: 22 Jul 2022 09:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12599

Actions (login required)

View Item View Item