Penggunaan Metode Mandiri dalam Pembelajaran Materi Teks Biografi Siswa Kelas X IPS 1 SMA N 1 Kintamani

Swandini, Ni Made Siska Ery (2022) Penggunaan Metode Mandiri dalam Pembelajaran Materi Teks Biografi Siswa Kelas X IPS 1 SMA N 1 Kintamani. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812011020-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812011020-ABSTRAK.pdf

Download (548kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011020-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (527kB)
[img] Text (BAB II LANDASAN TEORI)
1812011020-BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1812011020-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011020-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1812011020-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011020- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812011020-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaranmateri teks biografi yang menggunakan metode mandiri di kelas XIPS 1 SMAN1 Kintamani, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam memahami materi teks biografi yang menggunakan metode mandiri di kelas X IPS 1 SMAN1Kintamani, (3) mendeskripsikan respons siswa selama menggunakan metodemandiri di kelas X IPS 1 SMA N 1 Kintamani. Rancangan penelitian ini adalahmenggunakan penelitan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalahgurumata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas X IPS 1 SMA N1 Kintamani, sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan metode mandiri dalampembelajaran teks biografi. Data dikumpulkan dengan menggunakan metodeobservasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakandeskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaranmandiri yang dilakukan di kelas X IPS 1 berjalan dengan lancar sesuai denganRPP yang diterapkan, (2)Hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi teksbiografi menggunakan metode mandiri mencapai rata-rata 81,14, dan(3) Pembelajaran teks biografi menggunakan metode mandiri mendapat responspositif dari siswa. Berdasarkan simpulan tersebut, ada beberapa saran yangdapat disampaikan yaitu: (1) bagi guru, penelitian ini diharapkan mampu memberikanpedoman tentang penggunaan metode mandiri dalam proses pembelajaran materi teks biografi, (2) bagi siswa, diharapkan mampu memanfaatkan metode mandiri secara optimal selama proses pembelajaran, dan (3) bagi peneliti lain, diharapkanmelakukan penelitian serupa namun dengan konsep yang berbeda sehingga, teori yang ditemukan semakin banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode mandiri, pembelajaran, teks biografi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ni Made Siska Ery Swandini
Date Deposited: 22 Jul 2022 08:47
Last Modified: 22 Jul 2022 08:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12606

Actions (login required)

View Item View Item