Maulida, Ikrima (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT TEMATIK BERBASIS CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DAN HASIL BELAJAR TEMA 8 “DAERAH TEMPAT TINGGALKU” PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029041010-COVER.pdf Download (691kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029041010-ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (343kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029041010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029041010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (473kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029041010-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Maulida, Ikrima (2022), Pengembangan Bahan Ajar Handout Tematik Berbasis Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca dan Hasil Belajar Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ketut Suma, M.S.; dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd. Kata kunci: handout, cerita bergambar, minat membaca, hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar handout tematik berbasis cerita bergambar, mengetahui validitas, mengetahui kepraktisan, dan efektivitas Bahan Ajar Handout Tematik Berbasis Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca dan Hasil Belajar Pada Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku”. Subjek penelitian adalah ahli isi/materi, desain, dan media. Subjek uji coba siswa kelas IV SD Muhammadiyah Singaraja yang berjumlah 36 orang. Metode pengumpulan data kuesioner untuk memperoleh validitas dan kepraktisan serta minat membaca dan tes hasil belajar untuk efektivitas. Instrumen pengumpulan data pada kuesioner terdiri dari; instrumen isi/materi, instrumen media, instrumen desain, lembar kepraktisan, lembar respon siswa, instrumen minat membaca berupa kuesioner, dan instrumen hasil belajar berupa tes pilihan ganda. Analisis data yakni kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar handout tematik berbasis cerita bergambar untuk siswa kelas IV SD melalui ahli isi/materi, ahli media, dan ahli desain dinyatakan sangat baik dan layak digunakan; (2) kepraktisan bahan ajar handout tematik berbasis cerita bergambar oleh guru yaitu sebesar 100% dengan kategori sangat praktis sedangkan persentase tingkat pencapaian kepraktisan berdasarkan hasil respon siswa yaitu sebesar 91,3; (3) bahan ajar handout tematik berbasis cerita bergambar uji efektivitas yang diperoleh dari hasil perhitungan rata-rata ialah 0,76 untuk minat membaca dan 0,72 untuk hasil belajar yang artinya bahan ajar handout tematik berbasis cerita bergambar yang dikembangkan memiliki efektivitas tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar handout tematik berbasis cerita bergambar ini dapat meningkatkan minat membaca dan hasil belajar siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | handout, cerita bergambar, minat membaca, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ikrima Maulida |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 12:55 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 12:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12667 |
Actions (login required)
View Item |