PENGEMBANGAN KOMIK TEMATIK BERMUATAN EKOLITERASI DI SEKOLAH DASAR

ROSIDAH, CHOLIFAH TUR (2022) PENGEMBANGAN KOMIK TEMATIK BERMUATAN EKOLITERASI DI SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1839031001-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1839031001-ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1839031001-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1839031001-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1839031001-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839031001-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1839031001-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1839031001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1839031001-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Peristiwa alam yang terjadi baik dalam lingkup global maupun nasional selain disebabkan oleh faktor alam, juga disebabkan perilaku manusia yang tidak bertanggungjawab, tidak peduli, dan mementingkan diri sendiri. Terdapat kebutuhan untuk memperbaiki kondisi agar terjadi perubahan cara pandang terhadap lingkungan hidup yang berwawasan etika lingkungan. Salah satunya melalui proses pembelajaran di kelas. Salah satu perangkat pembelajaran yang memiliki dampak besar bagi pengetahuan siswa ialah buku ajar. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk komik tematik bermuatan ekoliterasi. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu research and development model 4D. Produk komik tematik bermuatan ekoliterasi memiliki karakteristik isi berupa materi pelajaran tematik yang dikemas dalam bentuk cerita dan ilustrasi gambar yang lebih kontekstual. Hasil uji kelayakan menunjukkan skor validasi konten materi yang mencapai rata-rata 3,6 dan skor validasi desain media mencapai rata-rata 3,7. Hasil skor rata-rata tersebut menunjukkan bahwa produk komik tematik bermuatan ekoliterasi masuk dalam kriteria sangat baik. Kepraktisan komik ditunjukkan dengan hasil respons siswa yang mencapai kriteria sangat baik. Hal ini berarti bahwa produk dapat dimanfaatkan oleh pengguna secara praktis. Selanjutnya hasil uji efektivitas berdasarkan uji-t menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang belajar dengan komik tematik berbasis ekoliterasi memiliki rata-rata hasil belajar 89,8. Lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan buku ajar nasional dengan rata-rata 80,2. Selain itu, ketuntasan klasikal hasil belajar siswa di kelas eksperimen mencapai 96%, jauh melampaui batas 75%. Dengan demikian, komik tematik bermuatan ekoliterasi efektif dan mampu memberikan dampak pada peningkatan hasil belajar dan pemahaman siswa terhadap lingkungan. Kata-kata Kunci: komik, tematik, ekoliterasi, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: komik, tematik, ekoliterasi, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Cholifah Tur Rosidah
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:16
Last Modified: 26 Jul 2022 07:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12686

Actions (login required)

View Item View Item