Farisa, Fikrivenia Ayu (2022) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI RAPOR SD BERBASIS MOBILE (SIRAM) UNTUK MENGURANGI TINGKAT STRES GURU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031051-COVER.pdf Download (375kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031051-ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1811031051-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1811031051-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1811031051-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031051-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1811031051-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031051-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031051-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan membuat prototype aplikasi SIRAM, menelaah validitas isi aplikasi SIRAM yang dikembangkan, menelaah respon guru saat menggunakan SIRAM, serta menganalisis efektivitas SIRAM untuk mengurangi tingkat stres guru dalam pengisian rapor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluate). Instrumen pengumpulan data dengan pedoman wawancara, lembar observasi, rating scale dan kuesioner/angket. Analisis data yang dilakukan dengan uji validitas menggunakan rumus Gregory, uji validitas isi menggunakan rumus Aiken, untuk respon guru dihitung dengan persentase. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil dari aplikasi SIRAM memiliki feture-feature Login, Create, Read, Update, Delete (CRUD). Hasil validitas isi SIRAM yaitu sebesar 0,9 berada pada rentangan V ≥ 0,8, sehingga dinyatakan valid dengan tingkat validitas tinggi. Artinya isi aplikasi SIRAM sudah layak dalam penggunaannya. Hasil uji efektifitas tingkat stres guru, dengan taraf signifikansi 0,05 (5%) didapatkan nilai t 1,761. Artinya, aplikasi SIRAM tidak berpengaruh terhadap tingkat stres guru, sebelum dan setelah pemberian aplikasi SIRAM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile Rapor, SIRAM, Stres Guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Fikrivenia Ayu Farisa |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 07:56 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 07:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12713 |
Actions (login required)
View Item |