DAMPAK REALISASI STRATEGI HYGIENE DAN SANITASI ROOM ATTENDANT DI MASA PANDEMI FOURPOINTS BY SHERATON UNGASAN

Budi Artana, I Made (2022) DAMPAK REALISASI STRATEGI HYGIENE DAN SANITASI ROOM ATTENDANT DI MASA PANDEMI FOURPOINTS BY SHERATON UNGASAN. Diploma thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1907031032_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1907031032_ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1907031032_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1907031032_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1907031032_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1907031032_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1907031032_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1907031032_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1907031032_LAMPIRAN.pdf

Download (35kB)

Abstract

Housekeeping merupakan salah satu departemen yang ada di hotel dan memiliki tugas dan tanggnng jawab atas kebersihan, kerapihan, keindahan serta kelengkapan yang ada di hotel. Room Attendant sebagai salah satu section yahg ada di departemen housekeeping memiliki tugas atas segala hal yang menyangkut kebersihan, kenyamanan dan keamanan kamar hotel. Room Attendant adalah section yang paling rentan terhadap kontak langsung baik itu dengan tamu maupun barang-barang lainnya yang ada di kamar hotel terlebih situasi pandemi covid-19 .Objek penelitian ini berlokasi di Hotel Fourpoints By Sheraton Ungasan penulisan penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, data diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, buku sebagai referensi, serta penelitian terdahulu sebagai pendukungnya. Situasi pandemi Covid-19 menyebabkan seluruh perusahaan akomodasi seperti hotel untuk bertahan walupun tingkat hunian kamar tidak seberapa. Peningkatan hygiene dan sanitasi pun dilakukan dengan perencanaan strategi yang cukup matang oleh pihak housekeeping dalam kegiatan opersionalnya tak terkecuali Room Attendant agar dapat direalisasikan. Ditetapkannya strategi hygiene dan sanitasi ini menyebabkan beberapa dampak dampak dari realisasi strategi hygiene dan sanitasi ini. Dampak yang dirasakan adalah tingkat kewaspadaan terhadap penularan virus covid-19 dilihat dari penggunaan perlengkapan Alat pelindung diri seperti masker dan hand gloves yang digunakan oleh room attendant, tambahan chemical desinfectan untuk furniture untuk kamar tamu serta jumlah karyawan room attendant yang dibatasi agar tidak berkerumun mematuhi social distancing dan physical distancing. Evaluasi akan selalu dilakukan Housekeeping dengan HRD dengan memantau aktivitas staff Housekeeping khususnya Room Attendant, selalu menjaga hygine dan sanitasi demi memaksimalkan strategi yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Housekeeping, Room Attendant, Strategi, Hygiene, Sanitasi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen > Program Studi Perhotelan (D3)
Depositing User: I Made Budi Artana
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:28
Last Modified: 27 Jul 2022 06:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12738

Actions (login required)

View Item View Item