PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

DEWI, PATRICIA KOMANG AYU ASMARA (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029042015-COVER.pdf

Download (895kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029042015-ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029042015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (561kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029042015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029042015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029042015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029042015-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar berkearifan lokal Bali untuk siswa kelas V yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan, dengan rancangan model ADDIE. Penelitian pengembangan yang menghasilkan buku cerita yang berjudul “Melali ke Subak Abiansemal” berdasarkan muatan pembelajaran serta budaya lokal yang terkait dengan subtema hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem. Validitas diukur menggunakan uji ahli yang meliputi ahli media, ahli desain, dan dan ahli materi. Kepraktisan buku dinilai oleh 2 orang guru dan 9 orang siswa. Sedangkan keefetifan melalui posttes diberikan kepada 40 siswa kelas V berupa angket nilai karakter gotong royong. Data yang telah terkumpul kemudian dikonversi menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata- rata keseluruhan hasil uji validasi mencapai 95,55% dan berada pada interval 81%-100% termasuk dalam kriteria sangat valid; 2) rata-rata keseluruhan uji kepraktisan mencapai 98,06% dan berada pada interval 81%-100% termasuk kriteria sangat praktis; 3) uji keefektifan menggunakan Independen t-tes diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 dapat dilihat berdasarkan hipotesis pengujian maka nilai Sig kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antar kelompok siswa yang belajar menggunakan buku cerita bergambar “Melali ke Subak Abiansemal” memiliki skor nilai karakter gotong royong yang berbeda dengan kelompok siswa yang tidak belajar menggunakan buku cerita bergambar “ Melali ke Subak Abiansemal”.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter Gotong Royong, Buku Cerita, Validitas, Kepraktisan,Keefektifan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Patricia Komang Ayu Asmara Dewi
Date Deposited: 06 Sep 2022 06:12
Last Modified: 06 Sep 2022 06:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12851

Actions (login required)

View Item View Item