Darsana, I Gede Beny (2022) Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Living Value terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Gugus X Kecamatan Mengwi. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029042019-COVER.pdf.pdf Download (319kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029042019-ABSTRAK.pdf.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029042019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (587kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029042019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029042019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029042019-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042019-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (385kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029042019-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis Living Value terhadap sikap sosial dan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Gugus X Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus X Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung yang terdiri dari 109 orang siswa. Sebanyak 47 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan metode non tes berupa kuesioner untuk mengukur sikap sosial dan metode tes objektif pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar PPKn siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova berbantuan program IBM SPSS Statistic 21.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan sikap sosial antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis Living Value dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus X Kecamatan Mengwi. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar PPKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis Living Value dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus X Kecamatan Mengwi. Ketiga, terdapat perbedaan sikap sosial dan hasil belajar PPKn secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis Living Value dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus X Kecamatan Mengwi. Serta dilakukan uji lanjutan yaitu uji LSD (Least Significance Different) yang menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata sikap sosial dan hasil belajar PPKn siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik berbasis Living Values lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus X Kecamatan Mengwi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik Berbasis Living Value, Sikap Sosial, Hasil Belajar PPKn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Gede Beny Darsana |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 02:03 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 02:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12879 |
Actions (login required)
View Item |