PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA TOPIK BAGIAN TUBUH HEWAN KELAS IV SD

Suwardana, Ketut Adi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA TOPIK BAGIAN TUBUH HEWAN KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031230-COVER.pdf

Download (459kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031230-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031230-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031230-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031230-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031230-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031230-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031230-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031230-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media berbasis Videoscribe pada topik bagian tubuh hewan kelas IV sekolah dasar. (2) Mengetahui validitas media berbasis Videoscribe. (3) Mengetaui kepraktisan media berbasis Videoscribe, dan respon siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu : 1) tahap analisis (analyze), 2) tahap perancangan (design), 3) tahap pengembangan (development), 4) tahap implementasi (implementation), dan 5) tahap evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis Videoscribe, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas, kepraktisan dan respon siswa pada media Videoscribe pada bagian tubuh hewan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu skor validitasnya 4,1 (sangat baik), ahli media pembelajaran yaitu 4,1 (sangat baik), praktisi yaitu 5 (sangat baik), dan respon siswa yaitu 4,91 (sangat baik). Disimpulkan bahwa media Videoscribe layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, videoscribe, model ADDIE, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ketut Adi Suwardana
Date Deposited: 03 Oct 2022 05:28
Last Modified: 03 Oct 2022 05:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12910

Actions (login required)

View Item View Item