PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALLS BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA

Prasasti, Km Ayu Dewi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALLS BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031081-COVER.pdf

Download (837kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031081-ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031081-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031081-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031081-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031081-LAMPIRAN.pdf

Download (26MB)

Abstract

Kajian ini memiliki tujuan guna mencari tahu pengembangan media belajarWordwalls berbasis High Order Thinking Skill untuk meningkatkan literasi digital siswa kelas V mata pelajaran IPA yang telah tervalidasi. Pengembangan media pembelajaran dalam kajian ini mempergunakan pemodelan ADDIE yang terdiri beberapa tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation) ). Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli media dan desain, 2 dosen ahli materi, 2 praktisi, dan 18 siswa sebagai uji coba produk yang akan dikembangkan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan tes. Data hasil persentase dengen menggunakan rumus Aiken’s, 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi masing – masing berada pada rentang V ≥ 0,5 sehingga dapat disimpulkan bahwa validasi media yang dikembangnya dinyatakanValid. Data hasil persentase terhadap 2 guru sebagai ahli praktisi memperoleh persentase sebesar 90,5% dengan kualifikasi sangat praktis sedangkan persentase untuk 10 orang siswa sebagai ahli praktisi lainnya memperoleh persentase sebesar 97,6% dengan kualifikasi sangat praktis. Data hasil analisis uji efektivitas dengan menggunakan perhitungan uji-t yang berbantuan program SPSS 17.0 diperoleh besar signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya dalam hal ini nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 (Sig. (2- tailed) < 0,05). Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa media pembelajaran Wordwalls berbasis Hots bisa menumbuhkan kemampuan literasi digital siswa di Kelas V SD antara siswa yang mempergunakan media pembelajaran Wordwalls Berbasis Hots dengan siswa yang tidak mempergunakan media pembelajaran Wordwalls Berbasis Hots. Hasil ini berarti bahwa media pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan literasi digital yang dimiliki oleh siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Wordwalls, Literasi Digital, High Order Thinking Skill
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Km. Ayu Dewi Prasasti
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:27
Last Modified: 11 Oct 2022 06:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12964

Actions (login required)

View Item View Item