PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR METODELOGI PENELITIAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA SEMESTER V FKIP UNIVERSITAS DWIJENDRA DENPASAR

Sujianti, Ni Putu Ika Putri (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR METODELOGI PENELITIAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA SEMESTER V FKIP UNIVERSITAS DWIJENDRA DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1929021008-COVER)
1929021008-Cover.pdf

Download (735kB)
[img] Text (1929021008-ABSTRAK)
1929021008-Abstrak.pdf

Download (222kB)
[img] Text (1929021008-BAB 1 PENDAHULUAN)
1929021008-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (469kB)
[img] Text (1929021008-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929021008-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (1929021008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929021008-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (1929021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929021008-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (1929021008-BAB 5 PENUTUP)
1929021008-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (1929021008-DAFTAR PUSTAKA)
1929021008-Daftar Pustaka.pdf

Download (450kB)
[img] Text (1929021008-LAMPIRAN)
1929021008-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar metodologi penelitian ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan eksperimen semu menggunakan desain treatmen by level 2 x 2 dengan posttest only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V FKIP Universitas Dwijendra Denpasar tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 89 mahasiswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar metodologi penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANAVA 2 jalan dilanjutkan dengan Uji Scheffe. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar metodologi penelitian antara siswa yang mengikuti model PBL dan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional; (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar metodologi penelitian; (3) pada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, hasil belajar metodologi penelitian pada kelompok mahasiswa yang mengikuti model PBL lebih tinggi daripada kelompok yang mengikuti pembelajaran langsung; (4) pada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, hasil belajar metodologi penelitian pada kelompok mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional lebih rendah daripada kelompok yang mengikuti pembelajaran PBL. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa PBL berpengaruh pada hasil belajar metodelogi penelitian. Pengaruh PBL lebih tampak bila kemampuan berpikir kritis dipertimbangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Metodologi Penelitian, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: NI PUTU IKA PUTRI SUJIANTI
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:45
Last Modified: 14 Oct 2022 02:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13046

Actions (login required)

View Item View Item