PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NASIONAL DENPASAR

Ruswita Dewi, Ida Ayu Putu (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NASIONAL DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029091012 - COVER.pdf

Download (975kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029091012-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029091012- BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (518kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029091012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029091012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029091012- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029091012- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029091012- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (511kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029091012 - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ruswita Dewi, Ida Ayu Putu (2022), Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audiovisual Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran IPS di SMP Nasional Denpasar. Tesis, Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Dr. Drs. I Wayan Kertih, M.Pd dan Pembimbing II : Prof. Dr. Drs. I Putu Sriartha, M.S. Kata kunci : Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Memecahkan Masalah, Keterampilan Sosial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan : (1) kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan sosial secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audiovisual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS; (2) kemampuan memecahkan masalah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audiovisual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensial pada pembelajaran IPS; (3) keterampilan sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audiovisual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 100 orang siswa yang tersebar dalam 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang mengambil sampel siswa di kelas VIII. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes. Uji hipotesis dilakukan dengan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan sosial siswa secara simultan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audiovisual dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan yang signifikan kemampuan memecahkan masalah siswa antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audiovisual dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional, (3) ada perbedaan yang signifikan keterampilan sosial siswa antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audiovisual dengan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Memecahkan Masalah, Keterampilan Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Ida Ayu Putu Ruswita Dewi
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:57
Last Modified: 14 Oct 2022 08:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13050

Actions (login required)

View Item View Item