Sumardeni, Ni Nyoman Wahyu (2022) PENGARUH TASK-BASED LEARNING MODEL TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2029091001-COVER)
2029091001-Cover.pdf Download (610kB) |
|
Text (2029091001-ABSTRAK)
2029091001-Abstrak.pdf Download (240kB) |
|
Text (2029091001-BAB 1 PENDAHULUAN)
2029091001-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (373kB) |
|
Text (2029091001-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029091001-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (2029091001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029091001-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (2029091001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029091001-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2029091001-BAB 5 PENUTUP)
2029091001-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (2029091001-DAFTAR PUSTAKA)
2029091001-Daftar Pustaka.pdf Download (581kB) |
|
Text (2029091001-LAMPIRAN)
2029091001-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum berkembangnya keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa dalam pembelajaran IPS dengan tujuan: (1) menganalisis pengimplementasian Task-Based Learning Model dalam pembelajaran IPS pada Kelas VIII, (2) menganalisis pengaruh Task-Based Learning Model terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, (3) menganalisis pengaruh Task-Based Learning Model terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, dan (4) menganalisis pengaruh Task-Based Learning Model secara simultan terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimen semu/quasy eskperimental dengan posttest only control group design. Sampel penelitian ditentukan secara random dengan tehnik undian untuk menetapkan dua (2) dari tiga (3) kelas populasi, yaitu satu sebagai kelompok eksperimen (Kelas VIII-3) dan satu sebagai kelompok kontrol (Kelas VIII-2) setelah terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan pencatatan dokumen yang datanya kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan Kuantitatif (Manova) untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengimplementasian Task-Based Learning Model yang dilakukan guru dalam pembelajaran IPS pada Kelas VIII tergolong dalam kriteria baik sekali dengan nilai sebesar 95, (2) terdapat pengaruh Task-Based Learning Model secara signifikan (Fhitung 63,985 dan nilai signifikansi 0,000) terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, (3) terdapat pengaruh Task-Based Learning Model secara signifikan (Fhitung 49,581 dan nilai signifikansi 0,000) terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, dan (4) secara simultan terdapat pengaruh Task-Based Learning Model yang signifikan (Fhitung 41,124 dan nilai signifikansi 0,000) terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Kolaborasi, Keterampilan Komunikasi, Pembelajaran IPS, Task-Based Learning Model. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Wahyu Sumardeni |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 04:31 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 04:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13063 |
Actions (login required)
View Item |