PENGARUH TASK-BASED LEARNING MODEL TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Sumardeni, Ni Nyoman Wahyu (2022) PENGARUH TASK-BASED LEARNING MODEL TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2029091001-COVER)
2029091001-Cover.pdf

Download (610kB)
[img] Text (2029091001-ABSTRAK)
2029091001-Abstrak.pdf

Download (240kB)
[img] Text (2029091001-BAB 1 PENDAHULUAN)
2029091001-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (373kB)
[img] Text (2029091001-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029091001-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (2029091001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029091001-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (2029091001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029091001-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2029091001-BAB 5 PENUTUP)
2029091001-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (2029091001-DAFTAR PUSTAKA)
2029091001-Daftar Pustaka.pdf

Download (581kB)
[img] Text (2029091001-LAMPIRAN)
2029091001-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum berkembangnya keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa dalam pembelajaran IPS dengan tujuan: (1) menganalisis pengimplementasian Task-Based Learning Model dalam pembelajaran IPS pada Kelas VIII, (2) menganalisis pengaruh Task-Based Learning Model terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, (3) menganalisis pengaruh Task-Based Learning Model terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, dan (4) menganalisis pengaruh Task-Based Learning Model secara simultan terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimen semu/quasy eskperimental dengan posttest only control group design. Sampel penelitian ditentukan secara random dengan tehnik undian untuk menetapkan dua (2) dari tiga (3) kelas populasi, yaitu satu sebagai kelompok eksperimen (Kelas VIII-3) dan satu sebagai kelompok kontrol (Kelas VIII-2) setelah terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan pencatatan dokumen yang datanya kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan Kuantitatif (Manova) untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengimplementasian Task-Based Learning Model yang dilakukan guru dalam pembelajaran IPS pada Kelas VIII tergolong dalam kriteria baik sekali dengan nilai sebesar 95, (2) terdapat pengaruh Task-Based Learning Model secara signifikan (Fhitung 63,985 dan nilai signifikansi 0,000) terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, (3) terdapat pengaruh Task-Based Learning Model secara signifikan (Fhitung 49,581 dan nilai signifikansi 0,000) terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS, dan (4) secara simultan terdapat pengaruh Task-Based Learning Model yang signifikan (Fhitung 41,124 dan nilai signifikansi 0,000) terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Kolaborasi, Keterampilan Komunikasi, Pembelajaran IPS, Task-Based Learning Model.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Ni Nyoman Wahyu Sumardeni
Date Deposited: 14 Oct 2022 04:31
Last Modified: 14 Oct 2022 04:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13063

Actions (login required)

View Item View Item