PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKTIVITAS GERAK BERIRAMA DI MASA PANDEMI COVID-19

Permana, I Gede Yudi Septian (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKTIVITAS GERAK BERIRAMA DI MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2029121009-COVER)
2029121009-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2029121009-ABSTRAK)
2029121009-Abstrak.pdf

Download (53kB)
[img] Text (2029121009-BAB 1 PENDAHULUAN)
2029121009-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (236kB)
[img] Text (2029121009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029121009-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text (2029121009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029121009-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (2029121009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029121009-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (2029121009-BAB 5 PENUTUP)
2029121009-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (2029121009-DAFTAR PUSTAKA)
2029121009-Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)
[img] Text (2029121009-LAMPIRAN)
2029121009-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian true experimental posttest only dengan desain treatment by levels 2  2 ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar aktivitas gerak berirama antara peserta didik yang belajar menggunakan model Penemuan terbimbing dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar aktivitas gerak berirama, (3) perbedaan hasil belajar aktivitas gerak berirama antara peserta didik yang belajar menggunakan model penemuan terbimbing dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelompok minat belajar tinggi, dan (4) pada kelompok minat belajar rendah. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Amlapura pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian diperoleh dengan teknik simple random sampling. Data hasil belajar aktivitas gerak berirama dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar untuk aspek pengetahuan dan lembar observasi untuk aspek keterampilan, sedangkan data minat belajar dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan Two Ways Anova dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar aktivitas gerak berirama antara peserta didik yang menggunakan model penemuan terbimbing lebih tinggi dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar aktivitas gerak berirama, (3) pada kelompok minat belajar tinggi, hasil belajar aktivitas gerak berirama peserta didik yang belajar menggunakan model penemuan terbimbing lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (4) pada kelompok minat belajar rendah, hasil belajar aktivitas gerak berirama peserta didik yang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih rendah daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penemuan Terbimbing, Minat Belajar, Hasil Belajar, Aktivitas Gerak Berirama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: I Gede Yudi Septian Permana
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:35
Last Modified: 14 Oct 2022 07:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13070

Actions (login required)

View Item View Item