Valien, Ketut (2022) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBASIS BILLINGUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI BAHASA ASING DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP LABORATORIUM UNDIKSHA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029091002-COVER.pdf Download (370kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029091002-ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029091002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029091002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029091002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029091002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029091002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029091002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029091002-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Wira Atmaja, Ketut Valien (2022), Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Berbasis Billingual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Bahasa Asing dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Laboratorium Undiksha. Tesis Ilmu Pendidikan Sosial, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Drs. I Putu Sriartha, M.S dan Pembimbing II: Dr. Drs. I Wayan Kertih, M.Pd. SMP Laboratorium Singaraja merupakan sekolah yang menerapkan pembelajaran berbasis dwibahasa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa kelas VIII-3 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja pada mata pelajaran IPS dan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dalam bahasa asing. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar IPS siswa dengan persentase keberhasilan adalah 6% (1 orang). Sedangkan kemampuan bahasa asing dengan kategori baik 0%. Penyebab rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII-3 merasa bosan dalam proses pembelajaran yang monoton. Sedangkan kurangnya kemampuan bahasa asing di kelas VIII-3 merupakan metode yang kurang bervariasi. Solusi untuk masalah ini adalah peneliti menawarkan metode bermain peran untuk digunakan selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan metode RPL berbasis bilingual dalam meningkatkan nilai belajar siswa pada mata pelajaran IPS, 2) Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan metode RPL berbasis bilingual dalam meningkatkan bahasa asing keterampilan komunikasi, 3) Untuk mengetahui respon siswa dalam pembelajaran IPS dengan metode RPL berbasis dwibahasa. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) peningkatan persentase keberhasilan pada siklus I sebesar 56% (10 siswa) dan peningkatan persentase keberhasilan pada siklus II sebesar 100% (18 siswa). 2) Kemampuan berbahasa asing juga meningkat pada kategori baik pada siklus I menjadi 22% dan pada siklus II menjadi 83% pada kategori baik. 3) Memberikan respon positif terhadap pembelajaran IPS dengan metode role playing berbasis dwibahasa, rata-rata skor respon siswa adalah 36,61. Kata kunci: Bilingual Based Learning, RPL Method, Communication Skills, Learning Outcomes, Social Studies Learning,
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bilingual Based Learning, RPL Method, Communication Skills, Learning Outcomes, Social Studies Learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Ketut Valien Wira Atmaja |
Date Deposited: | 15 Oct 2022 11:35 |
Last Modified: | 15 Oct 2022 11:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13090 |
Actions (login required)
View Item |