Noviani, Desak Putu Seri (2022) DETERMINAN MINAT PENGGUNAAN PINJAMAN ONLINE SHOPEE PAYLATER DI KABUPATEN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1817051114-COVER.pdf Download (262kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1817051114-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1817051114-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (191kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1817051114-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1817051114-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1817051114-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1817051114-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817051114-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1817051114-LAMPIRAN.pdf Download (932kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan minat penggunaan pinjaman online Shopee PayLater di Kabupaten Buleleng. Faktor-faktor yang diteliti adalah persepsi kemudahan, persepsi keamanan, persepsi risiko, dan citra perusahaan. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif asosiatif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang menggunakan bantuan google form. Adapun populasi yang digunakan adalah masyarakat Kabupaten Buleleng rentang usia 17-34 tahun pengguna Shopee PayLater. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling karena menggunakan kriteria tertentu, teknik quota sampling pada saat membagi jumlah reponden per kecamatan, dan teknik snowball sampling untuk menentukan reponden yang memenuhi kriteria di setiap kecamatan. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 400 responden. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis desktiptif, pengukuran variabel, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan IBM SPSS versi 26.0. Hasilnya menunjukkan bahwa secara parsial persepsi kemudahan, persepsi keamanan, dan citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan pinjaman online Shopee PayLater di Kabupaten Buleleng. Sedangkan, persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat penggunaan pinjaman online Shopee PayLater di Kabupaten Buleleng. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah dapat menambahkan variabel independen lain, seperti variabel persepsi manfaat. Hal ini dikarenakan pada observasi awal yang dilakukan, pengguna Shopee PayLater merasakan manfaat dari penggunaan Shopee PayLater, yaitu pembelian produk yang dapat dilakukan secara kredit tanpa modal awal dengan pembayaran yang dilakukan pada bulan berikutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Persepsi Risiko, Citra Perusahaan, Minat Penggunaan, Pinjaman Online, Shopee PayLater |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Akuntansi (S1) |
Depositing User: | Desak Putu Seri Noviani |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 05:30 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 05:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13097 |
Actions (login required)
View Item |