Widiani, Luh Lista Santi (2022) APLIKASI ANDROID BELAJAR MEMBACA (KEJARBACA) UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031254-COVER.pdf Download (162kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031254-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031254-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031254-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031254-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031254-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031254-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031254-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031254-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan; (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun Aplikasi KEJARBACA, (2) untuk mendeskripsikan validitas isi aplikasi KEJARBACA, (3) untuk mendeskripsikan respon guru terhadap aplikasi KEJARBACA, (4) untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap aplikasi KEJARBACA, (5) untuk mendeskripsikan efektifitas aplikasi KEJARBACA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analyze), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Oservasi, wawancara, angket/kuisioner, rating scale dan studi dokumen digunakan metode pengumpulan data. Terdapat satu subjek yang dilibatkan yaitu KEJARBACA, sedangkan objeknya adalah validitas isi, respon pengguna, dan efektivitas produk. Selain itu, siswa kelas III SD Negeri 2 Busungbiu dilibatkan sebagai subjek, sedangkan minat membaca siswa merupakan objek penelitian. Analisis data dilakukan dengan rumus Aiken untuk menganalisis isi media, dan untuk respon siswa menggunakan rata-rata atau mean. Analisis efektivitas produk menggunakan uji t berbantuan SPSS Statistics 17. Aplikasi KEJARBACA memperoleh indeks validitas sebesar 1,00, sehingga dinyatakan memiliki validitas sangat valid. Penilaian respon guru memperoleh hasil sebesar 3,9, sehingga dikategorikan sangat baik. Penilaian respon siswa memperoleh hasil sebesar 3,9, sehingga dikategorikan sangat baik. Hasil uji efektivitas memperoleh hasil signifikansi (2-tailed) diperoleh hasil 0,000 < 0,005. Dengan demikian produk memiliki efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas III SD Negeri 2 Busungbiu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Android, KEJARBACA, Belajar Membaca, Minat Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Lista Santi Widiani |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 00:40 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 00:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13194 |
Actions (login required)
View Item |